Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)

Jadi, Anda ingin menghosting WordPress di Google Cloud?

Panduan ini akan memandu Anda langkah demi langkah melalui proses penerapan situs WordPress ke Google Cloud.
Mulailah dengan membaca bagian Pendahuluan dalam panduan ini untuk mempelajari tentang menghosting WordPress di Google Cloud, lalu selesaikan masing-masing dari tiga bagian dalam panduan ini.

Mari Kita Mulai!

Di bagian pertama panduan ini, Anda akan mempelajari cara Mengonfigurasi WordPress di Google Cloud. Kemudian, di bagian kedua, Anda akan mempelajari cara Mengonfigurasi Nama Domain. Terakhir, di bagian ketiga, Anda akan mempelajari cara Mengonfigurasi SSL untuk situs web Anda. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk menghubungi grup Dukungan Cloud Hosting WordPress jika Anda mengalami kebuntuan di bagian mana pun dari tutorial ini!
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)

pengantar

I. Konfigurasi WordPress

II. Konfigurasikan Nama Domain

III. Konfigurasikan SSL

Langkah selanjutnya…

Di bagian pendahuluan panduan ini, Anda akan mempelajari pro dan kontra pindah ke Google Cloud. Anda juga akan belajar tentang biaya hosting WordPress di Google Cloud, termasuk pentingnya menerapkan solusi yang menyeimbangkan efisiensi dengan kinerja.
Setelah Anda membaca pengantar ini, panduan ini akan memandu Anda melalui proses penerapan situs WordPress ke Google Cloud.

Google Cloud adalah platform luar biasa untuk menghosting situs WordPress yang membutuhkan skalabilitas, ketahanan, dan kinerja.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Menghosting WordPress di Google Cloud berarti situs web Anda diberdayakan oleh jaringan global yang sama yang memberdayakan Google.
Alasan # 1 mengapa Anda harus menghosting WordPress di Google Cloud adalah karena Anda mengembangkan situs web yang Anda prediksi akan tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas dari waktu ke waktu, dan Anda memerlukan infrastruktur yang sangat skalabel yang dapat tumbuh dengan situs web Anda.
Di bawah ini adalah daftar pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan saat menentukan apakah akan menghosting situs WordPress Anda di Google Cloud:

  Kelebihan dari hosting Google Cloud

  • Peningkatan kinerja secara signifikan
  • Skalabilitas yang hampir tidak terbatas
  • Sangat hemat biaya untuk proyek besar
  • Kontrol dan fleksibilitas yang lebih baik
  • Integrasi asli dengan produk Google

  Kontra hosting Google Cloud

  • Kurva belajar yang curam untuk pemula
  • Membutuhkan investasi waktu yang signifikan
  • Tidak ada opsi dukungan pelanggan yang disertakan
  • Eksposur risiko yang lebih besar untuk pengguna baru

Biaya hosting situs WordPress di Google Cloud (mesin penghitung) sangat bervariasi, dan bergantung pada banyak faktor. Umumnya, biayanya berkisar antara $ 1- $ 30 per bulan untuk situs web WordPress biasa.

Menyeimbangkan efisiensi dan kinerja

Saat memilih infrastruktur yang akan digunakan untuk menghosting situs WordPress Anda di Google Cloud, penting untuk memahami kebutuhan untuk menyeimbangkan efisiensi dan kinerja.
Di bawah ini adalah perbandingan berdampingan dari konfigurasi berbasis efisiensi ($ 0,08 / bulan) vs. kinerja ($ 29,71 / bulan) untuk menghosting WordPress di Google Cloud.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Perbandingan biaya berdampingan dari efisiensi vs. konfigurasi kinerja untuk menghosting WordPress di Google Cloud. Gunakan Kalkulator Penentuan Harga Google Cloud untuk menentukan biaya berbagai konfigurasi.

Konfigurasi Efisiensi

The efisiensi konfigurasi optimal untuk situs lalu lintas rendah (di bawah 1000 pengguna sehari-hari) . Konfigurasi ini memanfaatkan sepenuhnya Tingkat Selalu Gratis Google Cloud yang murah hati, yang menyediakan instance f1-micro, serta penyimpanan persistent disk HDD sebesar 30 GB, semuanya tanpa biaya.
Model berbasis efisiensi yang ketat ini akan memungkinkan Anda untuk meng-host situs WordPress Anda di Google Cloud dengan biaya yang sangat rendah, namun, situs web yang lebih besar yang secara ketat mengikuti model efisiensi dapat menimbulkan masalah kinerja.

Konfigurasi Kinerja

The kinerja konfigurasi optimal untuk website dengan volume lalu lintas yang lebih tinggi (lebih dari 1000 pengguna sehari-hari) . Namun, tidak seperti konfigurasi efisiensi , baik instans standar n1 maupun persistent disk SSD 30 GB tercakup dalam tingkatan Selalu Gratis Google.
Model berbasis kinerja yang ketat ini akan memungkinkan situs web Anda untuk mengungguli model efisiensi , terutama di bawah beban berat. Namun, situs web lalu lintas rendah yang menggunakan konfigurasi ini mungkin mengalokasikan sumber daya secara tidak efisien.

Konfigurasi mana yang harus Anda pilih?

Salah satu keuntungan bermigrasi ke Google Cloud adalah Anda dapat memanfaatkan model 'bayar sesuai pemakaian', yang berarti hanya membayar sumber daya yang dibutuhkan situs web Anda, dan tidak lebih. Karena itu, aturan praktis yang baik adalah memulai dari yang kecil, dan meningkatkan hanya jika diperlukan . Untuk menentukan apakah peningkatan versi diperlukan, Anda perlu memantau metrik kinerja instans Anda.
Untuk mengakses metrik performa instance Anda, mulai dari menu sidebar Google Cloud dan buka Compute Engine > VM Instances , lalu klik instance Anda. Dari sini, Anda akan melihat tab Pemantauan di tob halaman, yang menautkan ke dasbor yang menampilkan prestasi kinerja instance Anda.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Compute Engine berisi dasbor Pemantauan lengkap dengan grafik metrik kinerja instance Anda.
Metrik terpenting untuk menilai kinerja instance Anda adalah penggunaan CPU . Penggunaan CPU secara konsisten di bawah 60% sangat ideal. Jika penggunaan CPU secara konsisten di atas 60% , Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ukuran mesin Anda.
Selain penggunaan CPU, Anda juga ingin memantau ruang kosong yang tersedia di persistent disk Anda. Untuk memeriksa ruang disk yang tersedia, gunakan perintah df, seperti yang ditunjukkan dalam tutorial perintah Linux.
Sekarang setelah Anda belajar tentang menyeimbangkan biaya dengan pertimbangan efisiensi dan kinerja, sekarang saatnya untuk mulai menerapkan situs web Anda.

Bagian I

Di bagian panduan ini, Anda akan menerapkan situs WordPress di Google Cloud menggunakan konfigurasi efisiensi , yang terdiri dari instance f1-micro dan persistent disk HDD 32 GB , dengan perkiraan biaya sekitar $ 1 per bulan .

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Dari menu sidebar Google Cloud, buka Marketplace.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Dari dasbor Marketplace, ketik wordpress di kolom pencarian, lalu pilih WordPress yang Disertifikasi oleh Bitnami dan Automattic.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Klik tombol LUNCURKAN untuk mulai mengonfigurasi instance WordPress Anda.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Ubah konfigurasi instance Anda sesuai dengan pengaturan di atas, pastikan untuk mengubah Zone untuk menunjukkan di mana sebagian besar pengunjung situs Anda berada. Anda juga dapat meningkatkan jenis Mesin dan / atau ukuran Boot disk dalam GB yang sesuai. Terakhir, klik tombol Deploy untuk menerapkan instance WordPress Anda.

Bagian II

Sekarang instance WordPress Anda telah diterapkan, Anda akan mengonfigurasi nama domain untuk situs WordPress baru Anda. Meskipun tutorial menggunakan Namecheap sebagai penyedia nama domain, konfigurasinya bersifat universal dan akan berfungsi dengan penyedia nama domain mana pun.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Arahkan ke dasbor Instans VM Anda dan salin alamat IP yang telah ditetapkan ke instans WordPress Anda.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Dari browser web Anda, buka penyedia nama domain Anda (kami merekomendasikan Namecheap). Arahkan ke halaman pengaturan untuk domain Anda, dan pilih Namecheap BasicDNS dari baris NAMESERVERS.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Selanjutnya, klik pada tab Advanced DNS di kanan atas dasbor nama domain Anda. Kemudian, di baris HOST RECORDS, buat rekam A baru seperti yang ditunjukkan pada gambar, namun, ingatlah untuk mengganti alamat IP pada gambar dengan alamat IP instans Anda (yang Anda salin pada langkah sebelumnya). Selanjutnya, buat data CNAME seperti yang ditunjukkan, tetapi jangan lupa untuk mengganti 1pagezen.com dengan nama domain Anda sendiri.

Bagian III

Sekarang nama domain situs web Anda telah dikonfigurasi, Anda akan mempelajari cara mengaktifkan SSL untuk nama domain Anda. Untuk melakukan ini, Anda akan terhubung ke instance WordPress Anda melalui terminal SSH, lalu menjalankan skrip yang akan mengotomatiskan proses konfigurasi SSL untuk situs web Anda.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Kembali ke dasbor Instans VM Anda, dan klik tombol SSH untuk terhubung ke instans WordPress Anda.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Sekarang setelah Anda mengklik tombol SSH, jendela terminal baru akan terbuka dan menampilkan koneksi ke Instans WordPress Anda. Salin perintah di kotak di bawah ini, dan tempelkan ke jendela terminal, lalu tekan Enter.
sudo /opt/bitnami/bncert-tool
Setelah Anda menekan Enter, skrip akan meminta Anda dengan serangkaian pertanyaan, yang akan Anda jawab dengan memasukkan y (untuk ya ), atau n (untuk tidak ). Kami merekomendasikan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan cara berikut, ingatlah untuk mengganti setiap contoh 1pagezen yang dicetak tebal dengan nama domain atau email Anda sendiri:

Domain list []: 1pagezen.com www.1pagezen.com
Enable HTTP to HTTPS redirection [Y/n]: y
Enable non-www to www redirection [Y/n]: n
Enable www to non-www redirection [y/N]: y
Do you agree to these changes? [Y/n]: y
E-mail address []: [email protected]
Do you agree to the Let's Encrypt Subscriber Agreement? [Y/n]: y

Sudah selesai dilakukan dengan baik! Anda telah berhasil menerapkan situs WordPress yang berfungsi penuh di GCP, namun, masih ada beberapa konsep yang sangat penting yang perlu dibahas. Di bagian Next Steps… dari panduan ini, Anda akan belajar cara mendapatkan kredensial login Anda dan login ke situs WordPress Anda, dan secara opsional mengimpor situs WordPress yang sudah ada.

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Dari menu sidebar Google Cloud, buka Marketplace.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Dari dasbor Marketplace, klik Solusi Anda.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Pilih penerapan terbaru Anda dari daftar.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Selanjutnya, salin pengguna Admin dan kata sandi Admin (Sementara) dari daftar. Anda akan menggunakan kredensial ini untuk masuk ke situs WordPress Anda di langkah berikutnya.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)Kunjungi halaman login WordPress Anda, dan gunakan nama pengguna dan kata sandi yang Anda salin dari langkah terakhir untuk masuk ke situs web Anda.

Secara default, instance WordPress Anda diberi alamat IP sementara , yang berarti jika instance WordPress Anda pernah dihentikan atau dimulai ulang, alamat IP-nya akan berubah. Ini tidak diinginkan, dan dapat menyebabkan masalah jaringan untuk situs web Anda. Untuk mencegah masalah ini, Anda perlu memesan alamat IP statis untuk instance WordPress Anda. Untuk melakukan ini, ikuti petunjuk ini (gunakan metode 1).
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)

Anda dapat menggunakan Plugin WP Migrasi Tidak Terbatas All-in-One untuk mengekspor dan mengimpor situs web WordPress Anda yang sudah ada dengan cepat ke lokasi barunya di Google Cloud. Lihat tutorial ini untuk daftar petunjuk langkah demi langkah.
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)

Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)
Jika Anda memerlukan bantuan dengan tutorial ini (atau tutorial lainnya), maka pastikan untuk bergabung dengan grup dukungan WordPress Cloud Hosting di Facebook.

Sekarang setelah Anda menghosting WordPress di Google Cloud Platform, pastikan untuk melihat tutorial hebat WordPress di Google Cloud lainnya ini.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar umum tentang tutorial ini, silakan tinggalkan di bawah. Jika Anda terjebak pada tutorial tertentu, silakan posting pertanyaan dan komentar Anda di halaman tutorial itu.
Terima kasih,
Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap)

Copyright Notice:mobodigital Published on 2021-03-19 2:13:26。
Reprint please specify:Cara Install dan Migrasi WordPress ke Google Cloud (Panduan Lengkap) | MoboDigital.id | Jasa Layanan Digital

no comment yet

No comments...